Dangdut Seni Kritik Sosial

Musik dangdut sangat akrab sekali dengan telinga kita. Terkadang di dalam bus atau angkutan umum tidak heran jika sang sopir menyalakan musik dangdut. Bunyi gendang serta lirik mellow bertemakan percintaan secara tidak sadar membuat badan kita bergoyang dengan sendirinya.

Dangdut memiliki keunikan tersendiri yaitu pada liriknya yang menggambarkan masalah-masalah kehidupan sehari-hari. Misalnya saja pada lagu bojo galak yang menceritakan tentang suami/istri yang menghadapi pasangannya atau lagu jangan nget-ngetan yabg menyindir tentang seseorang yang balikan dengan mantannya. Sama halnya sepertu sinetron, tema yang diangkat hanya itu-itu saja.

Dangdut sebenarnya bisa digunakan sebagai senjata ampuh untuk mengkritik isu-isu sosial juga pemerintah. Seperti yang pernah dilakukan Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul ‘judi’ yang pada saat itu kebijakan pemerintah melegalkan perjudian. Tidak hanya itu, ada karya lain seperti ‘Hak Asasi’ yang menyebabkan ia berurusan dengan pemerintahan orde baru.

Banyak isu yang bisa diangkat untuk mewarnai musik dangdut, tidak melulu perkara hati dan cinta. Atau barangkali permasalahan masyarakat kita hanya terletak pada seberapa seksi penyanyi dangdut yang membawakan di atas panggung.

Tinggalkan komentar